Sosialisasi Pembuatan Produk Olahan Ikan Nila

  • May 10, 2023
  • admin desa lingsar

Mahasiswa kuliah Kerja Nyata (KKN) Terpadu Universitas Mataram (Unram) Desa Lingsar 2021, mengadakan acara sosialisasi pembuatan produk olahan ikan, kepada masyarakat Desa Lingsar di Aula Kantor Desa Lingsar, yang dilaksanakan pada tanggal 20 Desember 2021.Seperti yang kita ketahui bersama bahwa tulang ikan merupakan bagian akhir yang biasanya dibuang, namun kali ini bisa dimanfaatkan menjadi olahan makanan.

Selly Ayu Pratiwi, selaku ketua Tim KKN mengatakan bahwa ide pembuatan produk olahan tersebut merupakan hasil diskusi setelah melakukan observasi bersama selutuh tim." observasi itu kita melihat bahwa Desa Lingsar ini memang lebih banyak ikan tetapi belum ada bentuk olahan lain jadi kami memutuskan untuk memamfaatkan tulang ikang sebagai salah satu olahan makanan" tutur Selly.

Di sisi lain, Sahyan selaku kepala desa merespon positif ide dari mahasiswa yang mneurutnya merupakan ide yang baik karena di wilayah Desa Lingsa memang merupakan wilayah yang cukup ikonik dengan ikan, "Iya jadi menurut saya itu ide yang baik dan memang karena kita di sini ikonnya ikan." ungkap Sahyan saat ditemui di ruangan. (3/01/2022)

Selain itu, Sahyan juga mendukung penuh produksi produk olahan ini dengan cara memberikan pelatihan lagi kepada masyarakat yang lebih luas bersama ibu-ibu PKK, serta menyediakan satu tempat sebagai tempat produksi sekaligus pemasaran. "Saya sangat mendukung penuh produk ini, seperti yang saya katakan tadi saya sudah menyediakan tempat untuk produk ini." tegas Sahyan.

Dengan adanya dukungan dari pihak desa, Selly selaku ketua tim KKN mengatakan bahwa timnya sangat antusias untuk memproduksi kerupuk tulang ikan. "Kita di sini sangat senang dan antusias jika ada dukungan seperti ini." jelas Selly.